Catatan Si Newbie di Dunia Foto



Dewasa kini banyak sekali orang yang tertarik dalam dunia fotografi maupun desian grafis, termasuk gue. Entah kesambet apa gue jadi doyan dalam dunia ini. Sekarang gue malah lebih tertarik berdiskusi tentang foto daripada tentang kuliah gue, dan gue sering bertanya, apa salah jurusan ya. Awalnya gue sering liat-liat album foto punya orang, sambil bertanya dalam hati, "bagus ya fotonya, ah tapi paling juga tinggal mencet tombol doang terus edit deh, gampang". Liar sekali ya pernyataan gue ini apa coba gue, huuftt. Sebenernya bokap gue ada kamera SLR di rumah saat itu tapi karena masih menggunakan roll film, gue merasa risih memakainya, bukannya apa, takut gagal karena kecupuan gue dalam dunia ini, ntar malah diketawain mas-mas tukang cuci fotonya lagi. Gue pun sebenernya pingin punya kamera DSLR agar bisa menjajal dunia fotografi tapi apa daya, gue ga enak mintanya sama bokap jadi yaudah gue diem aja deh (curhat). Bokap gue yang lagi diem tiba-tiba terkena bisikan mistis dan langsung ngomong ke gue 

"pingin deh punya kamera DSLR, ntar liat-liat yu" 
gue yang ada disampingnya pun berkata "ah buat apa yah ? pasti jarang dipake (so-soan gamau)"
"ya ga apa-apa buat bisa foto-foto" timbal bokap
gue pun langsung terdiem sambil seneng di dalam hati

Akhirnya kamera DSLR kelas entry level pun digenggam gue. Dengan semangat gue langsung ambil bunga dan langsung tekan shutter button, dan ... apa coba ini hasilnya ? kok ga kaya orang-orang ya ? kan padahal udah pake kamera DSLR ? gue pun langsung merenung di kamar menutup diri frustasi dengan hasil foto itu (lebay). Komputer pun dengan segera dinyalakan langsung mencari tau tentang seluk beluk kamera. Ternyata  dalam foto makro itu ada tips trik khusus agar mendapatkan hasil yang menggelegar dan ada bokeh yang manis. Kamera pun kembali gue jajal dengan mode manual, bukaan pun dipilih yang paling besar (F nya kecil) karena pake lensa bawaan F paling nya hanya F5,6 tapi agar mendapatkan bokeh bisa diakali dengan cara mendekatkan kamera ke dekat objeknya, shutter speednya bisa mengikuti.


 foto sebelum pake manual mode*


foto dengan menggunakan manual mode*


Gue pun merasa kurang puas dengan bokehnya, gue pun rela menabung demi membeli lensa dengan F yang lebih kecil lagi, dengan harga yang cukup murah meriah gue pun beli lensa fix 50mm dengan F1,8. Langsung gue latihan demi memperlancar belajar bokeh.


 hasil foto pake lensa F1,8*

Dirasa telah memahami konsep dari foto-foto yang berbokeh ria, gue pun kembali ingin mempelajari ilmu selanjutnya yaitu foto dengan shutter speed rendah atau bulb. Setelah membaca dari beberapa referensi, gue menyimpulkan, ah paling cuma pake manual terus shutter speednya direndahin, jadi deh. Lagi-lagi kesombongan gue membawa malapetaka,  fotonya malah overexposure (keterangan) Wah gila ternyata ga gampang ya, huufft lagi. Dengan shutter speed dilambatin berarti cahaya yang masuk ke kamera itu semakin banyak dan itu akan membuat foto OE. Kalau pun masih memakai kamera standar gue masih bisa diakali yaitu dengan cara, exposure dan flash compentationya di kecilin ke -5,0 selain itu speednya jangan terlalu lambat dan kalau bisa saat mengambil objeknya disaat waktu subuh sampai jam 6 lah atau ga malem. Salah satu contoh objek yang biasa menjadi bulb ini yaitu aliran air, kilatan cahaya, sunrise, sunset, dll. Kalau ga mau repot bisa juga beli filter ND yang gunanya sebagai kaca mata hitam bagi lensa supaya tidak OE hasil fotonya.

 *
 *
*

Keingin tahuan gue semakin menjadi-jadi, karena gue gemar sekali berpergian ke alam gitu, gue pun pingin belajar foto landscape. Setelah baca-baca gitu katanya ada konsep 1/3 - 1/3 gitu, gue juga ga ngerti gimana maksudnya, asal foto aja deh yah haha. Tapi katanya sih ternyata ada jam-jam tertentu biar fotonya semakin menarik. Bila ingin mendapatkan langit yang biru biasanya mentok-mentok tuh jam 10 pagi ke bawah supaya hasilnya bagus, terus golden hours langitnya oren emas gitu katanya sih jam 5-6 sore, kalau mau ungu jam 6-7 malam, gitu katanya. Tapi kalau mau langitnya lebih biru gitu bisa pake filter CPL

 *
*

Selain yang tadi-tadi gitu ada yang enak tingal jepret doang, foto candid, tapi selain jepret lebih bagus katanya sih kalo ada point of  interestnya gitu yang membuat fotonya menarik, gue juga ga ngerti juga sih asal foto aja.

 *


*


Tapi dari semua itu menurut gue ga ada aturan baku lah tetntang foto-foto gitu, kalau menurut gue bagus, seneng yauda, gitu. Intinya sih tekan terus shutter buttonya mau pake kamera, hp sama aja yang penting buat diri gue senang dan merasa berarti (halah)
Salam newbie

*foto tersebut hak cipta Anggi Management (halah lagi)
    

Penulis : tes ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Catatan Si Newbie di Dunia Foto ini dipublish oleh tes pada hari Sunday, March 31, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Catatan Si Newbie di Dunia Foto
 

0 comments:

Post a Comment